Sosok Sutirah Pawang Hewan Buas, Wanita Pertama di Indonesia

Sutirah Pawang Hewan Buas

FAKTA – Sutirah pawang hewan buas tentunya bukanlah hal yang mudah. Diperlukan skill dan keberanian yang tinggi. Seperti Sutirah yang menjadi pawang hewan wanita pertama di Indonesia.

Sutirah, seorang perempuan kelahiran Bandung, 1863 yang sejak kecil memang memiliki keahilan khusus dalam berinteraksi dengan hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Bahkan ketika remaja, Sutirah mulai dipercayakan oleh penduduk untuk membantu segala urusan yang berkenaan dengan ternak mereka.

Mulai dari menaklukkan kerbau maupun sapi yang mengamuk, bahkan menaklukkan biawak, ular maupun buaya yang merangsek masuk kampung.

Mengutip dari akun Instagram @punika.fakta terlihat sosok Sutirah dengan foto hitam putih. Dari foto tersebut tampak Sutirah yang gaun putih panjang itu tengah berpose dengan menggendong buaya dengan lengannya.

Sekilas seperti tak ada rasa takut, Sutirah begitu santai saat berpose dengan salah satu hewan yang banyak ditakuti itu.

Suatu hari, berkat keahliannya itu ia dipanggil ke sebuah perkebunan teh di Jawa Barat. Sutirah ditugaskan untuk diperbantukan menghalau macan tutul yang kerap mengganggu para pemetik teh di perkebunan itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *