5 Fakta Menarik Tentang Lubang Hitam (Black Hole)

Lubang Hitam

Pernah mendengar tentang lubang hitam (black hole)? Mungkin kamu pernah menonton siaran televisi yang membahas tentang hal ini seperti di National Geographic. Nah, lubang hitam adalah objek luar angkasa yang padat dan maha dahsyat kekuatannya.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa simak beberapa fakta lubang hitam di bawah ini. Selamat membaca ya!

Bacaan Lainnya

1. Lubang hitam bukanlah sebuah lubang

Jika melihat gambar yang ada, kita akan berpikir bahwa black hole adalah sebuah lubang. Ternyata selama ini kita salah, karena lubang hitam berbentuk bulat seperti planet.

2. Lubang hitam terdiri dari banyak ukuran

Lubang hitam terdiri dari 3 tipe yang dibedakan berdasarkan massanya. Tipe pertama adalah supermassive black hole, memiliki massa paling besar dan kekuatan gravitasi yang sangat kuat. Meskipun ukurannya sebesar matahari, massa satu supermassive black hole bisa mencapai miliaran kali massa matahari. Sedangkan, tipe kedua adalah stellar black hole dengan massa 20 kali dari massa matahari. Lalu, tipe ketiga adalah primordial black holes, yang ukuran massanya bisa seperti massa satu atom hingga sebuah gunung.

3. Lubang Hitam bisa menghisap apa saja, termasuk lubang hitam lain

Dengan efek gravitasi yang sangat kuat, lubang hitam bisa menghisap apa saja seperti planet, bintang, cahaya bahkan lubang hitam lainnya. Hal ini dikenal dengan merging galaxies. Untuk dapat keluar dari lubang hitam, benda tersebut harus memiliki kecepatan melebihi cahaya. Namun, karena tidak ada benda langit dengan kecepatan tersebut, maka secara teoritis tidak ada benda yang bisa lolos dari lubang hitam.

4. Lubang hitam tidak bisa dilihat secara langsung

Warnanya yang sangat hitam membuat cahaya bahkan tidak bisa lari dari lubang hitam. Selain itu, sulit pula bagi manusia untuk mengetahui lubang hitam secara langsung. Para ilmuwan mendeteksinya dengan melihat pergerakan bintang dan perubahan lingkungan di sekitarnya. Jadi, ketika suatu bintang berada di dekat lubang hitam, bintang tersebut akan tertarik hingga kehilangan energi dan mengeluarkan radiasi dalam bentuk sinar-X dan radiasi elektromagnetik.

5. Suara lubang hitam

Hasil penelitian dalam jurnal Science Advances, menyimpulkan ada suara yang dikeluarkan lubang hitam ketika menghisap benda yang ada di sekitarnya.

Meskipun gelombang suara tidak dapat merambat di ruang hampa, namun suara yang dihasilkan mirip dengan suara gemerisik saluran TV yang rusak, lho.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *