5 Fakta Menarik Capsaicin dalam Cabai, dapat Menghilangkan Rasa Sakit

Cabai

Capsaicin adalah bahan kimia utama yang membuat cabai menjadi pedas. Bahan ini juga biasa digunakan untuk mengusir serangga dan tungau yang mengganggu.

Zat ini sangat mengiritasi kulit dan mata dan dapat menyebabkan pembengkakan jaringan paru-paru. Ini juga dapat mengiritasi selaput lendir di mulut. Pada serangga dan tungau, senyawa ini dapat merusak membran intraseluler dan mengganggu sistem saraf. Fakta tentang Capsaicin
Berikut beberapa fakta menarik tentang capsaicin yang harus Anda ketahui.

1. Capsaicin Beracun

Ternyata ada beberapa neuron yang justru dirusak secara permanen oleh capsaicin sehingga menyebabkan gangguan fungsi sensorik.

Capsaicin juga beracun karena menyebabkan respon inflamasi dan persepsi panas di indera perasa, itulah sebabnya makan makanan pedas sering menyebabkan bibir merah dan bengkak.

2. Capsaicin juga merupakan agen antibakteri yang sangat baik

Capsaicin dapat bertindak sebagai fungisida, artinya sebenarnya memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri. Capsaicin juga sering digunakan sebagai pengawet pada makanan alami.
Banyak budaya di seluruh dunia juga telah mengembangkan masakan menggunakan cabai untuk melindungi dari keracunan makanan dan penyakit.

3. Menghilangkan rasa sakit

Makan cabai menyebabkan tubuh Anda melepaskan endorfin, senyawa penghilang rasa sakit, untuk membantu Anda mengatasi panas. Capsaicin menyebabkan sensasi panas dan nyeri dan memicu pelepasan endorfin ini.

Proses ini telah digunakan dalam pengembangan krim pereda nyeri dan balsem dengan capsaicin alami.

4. Skala Unit Scoville untuk Mengukur Tingkat Capsaicin

Skala Satuan Panas Scoville sebenarnya adalah ukuran jumlah pengenceran air yang diperlukan untuk menghilangkan panas dari lada tertentu.

Metode ini, yang dikembangkan oleh Wilbur Scoville, telah digantikan oleh metode yang lebih cepat yang mengikuti prinsip yang sama. Itu ukuran kepedasan, atau kepedasan dari keluarga cabai/lada.
Lada serendah 0 Unit Scoville, dan Carolina Reaper yang terkenal dari One Chip Challenge menduduki puncak daftar Chili dengan 2,2 juta Unit Scoville. Ini panas seperti semprotan merica. Capsaicin murni telah tercatat mencapai 16 juta Scoville Thermal Units.

5. Membantu orang yang tidak terpengaruh oleh kafein tetap terjaga

Orang yang tidak sensitif terhadap kafein mungkin tidak bisa tidur setelah minum kopi. Namun, makan makanan pedas dapat memberi Anda dorongan untuk memulai hari Anda karena itu adalah “racun”.

Respon panas memicu pelepasan adrenalin untuk membuat Anda tetap bergerak dan terjaga. Jika Anda tidak sensitif kopi, Anda bisa makan makanan pedas untuk energi.
Inilah fakta menarik tentang capsaicin pada cabai. Capsaicin adalah racun yang kuat dan sangat menjengkelkan, tetapi sebenarnya memiliki banyak manfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *