Fakta Sang Komponis Indonesia; Ismail Marzuki

Ismail Marzuki

Sang Komponis Indonesia Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mei 1914. Beliau yang lebih dikenal dengan panggilan Maing. Ia merupakan anak dari keluarga keturunan Betawi. Marzuki dikenal memiliki bakat seni yang sulit dicari bandingannya. Sosoknya pun mengagumkan. Ia merupakan anak dari pasangan Marzuki dan Solechah.

Jika sebagian orang hanya mendengarkan lagu yang senatiasa baru, Ismail Marzuki lebih suka meresapi lagu selama puluhan kali dan berulang-ulang. Bukan cuma musik Hollywod dan jazz, ia juga menjadikan lagu-lagu daerah sebagai inspirasinya.

Semasa hidupnya, ia menghasilkan ratusan karya lagu, baik hasil ciptaannya sendiri atau lagu yang ia aransemen ulang. Beberapa diantaranya Oh Sarinah, Rayuan Pulau Kelapa, Melancong di Bali, Halo-halo Bandung, Mars Arek-arek Surabaya, Indonesia Tanah Pustaka, Gugur Bunga di Taman Bhakti, Sepasang Mata Bola, Selamat Datang Pahlawan Muda, Selendang Sutra dan sebagainya.

Ismail Marzuki meninggal di pangkuan istrinya. Siang hari setelah makan siang pada 25 Mei 1958, Marzuki menghembuskan nafas terakhirnya di usia 44 tahun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *