3 Fakta Unik Tentang Hewan Koala, Mempunyai Sidik Jari

3 Fakta Unik Hewan Koala

3 Fakta Unik Tentang Hewan Koala. Termasuk hewan Australia yang ikonik. Mamalia satu ini menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon, Mereka bisa tidur hingga 18 jam sehari.

Koala adalah hewan berkantung dan termasuk dalam kelas mamalia. Mereka kebanyakan ditemukan hidup di hutan kayu putih dan memakan daun pohon eucalyptus. Koala adalah hewan nokturnal dan dikenal tetap terjaga dan makan di malam hari.

Hewan dengan nama latin Phascolarctos cinereus ini memiliki dua ibu jari yang berlawanan di tangan mereka, dan kedua kaki dan tangan mereka memiliki cakar untuk meraih cabang. Tak hanya itu, koala juga pandai berenang, mereka dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 18 mil per jam.

1. Koala tidur lebih dari 18 jam sehari

Koala hidup di hutan kayu putih di tenggara dan timur Australia. Mereka mengandalkan pohon eucalyptus baik untuk tempat tinggal maupun makanan. Koala bisa makan lebih dari satu kilogram daun eucalyptus dalam sehari. Eucalyptus bersifat racun, sehingga sistem pencernaan koala harus bekerja keras untuk mencernanya, memecah racun dan mengekstrak nutrisi yang terbatas.

Hal ini menjadi alasan mengapa koala sangat banyak tidur, mereka mendapatkan sangat sedikit energi dari makanannya. Koala bisa tidur selama 18 hingga 22 jam.

2. Koala tidak banyak minum air

Koala biasanya tidak minum banyak air, kata koala sendiri berasal dari suku Aborigin yang artinya “tidak minum” karena mereka mendapatkan sebagian besar air dalam makanan mereka dari daun pohon eucalyptus. Namun, pada hari-hari musim panas yang sangat panas, daun eucalyptus mengering dan koala mungkin perlu melengkapi makanan mereka dengan air.

3. Koala mempunyai sidik jari

Sama seperti manusia, koala ternyata juga memiliki sidik jari. Faktanya, sidik jari mereka sangat mirip dengan sidik jari manusia. Koala juga mempunyai ibu jari, Mereka memiliki dua ibu jari yang berlawanan di setiap kaki depan untuk memanjat, berpegangan pada pohon dan mencengkeram makanan, sedangkan jari kedua dan ketiga pada kaki belakang mereka menyatu membentuk cakar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *