4 Fakta Ayam yang Jarang Orang Ketahui di Indonesia

Ayam

Orang Indonesia mayoritas beternak ayam. Ayam adalah salah satu hewan paling populer di kalangan remaja dan orang dewasa. Ada juga beberapa jenis ayam biasa (baik pedesaan maupun pedesaan), ayam hias dan ayam pembibitan. Selain itu, rasanya yang enak dan tak tergantikan menjadi nilai jual yang kuat. Padahal, banyak ayam unik yang jarang diketahui. Datang dan lihat apa saja fakta uniknya!

1. ayam makan batu

Ayam terkadang mencari makanan lain di pekarangan. Saat ayam mencari makan di tanah, biasanya ini pertanda ayam sedang mencari gabah. Namun, ada yang berpendapat bahwa dalam kondisi tersebut, ayam memakan batu-batu kecil yang dapat membantu pencernaan. Sapta Pratama, salah satu peternak ayam di Kampung Unggul Balitnak (KUB), mengatakan hal itu biasa terjadi.

“Karena ayam yang makan kerikil lebih cenderung memiliki pencernaan yang buruk, mereka harus mencerna makanan di dalam tubuhnya. Namun Anda juga bisa menggunakan pelapis alternatif dengan tekstur yang keras. Bagi yang sudah banyak makan ayam, apalagi bagian dalamnya, tidak heran lagi melihat kerikil di perutnya,” kata pria berinisial Tama itu melalui pesan singkat kepada Jagatan.

2. Ayam memiliki kanibalisme

Dalam beberapa kasus mudah ditemukan ayam mematuk dengan jenis kelamin yang sama. Alasannya pemberian makan tidak tepat waktu. Jika peternak terlambat memberikan makanan, kemungkinan besar hal ini akan terjadi. Oleh karena itu, selalu miliki alarm yang akan mengingatkan Anda tentang waktu makan, agar ayam dapat tumbuh dan berkembang tepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Ayam terus bertelur tanpa jantan

Ayam betina bisa bertelur tanpa pejantan. Ini adalah kondisi yang jarang diketahui masyarakat umum. Peranan ayam jantan hanya untuk membuahi sel telur betina hingga terciptanya sel telur di dalam tubuh betina. Padahal, ayam menghasilkan telur dan melepaskannya saat pembuahan selesai. “Seekor ayam betina bisa bertelur tanpa pejantan, tapi embrionya tidak ada, jadi tidak subur untuk ayam betina,” pungkasnya.

4. Ukuran telur mempengaruhi umur ayam

Bahkan kita sering menjumpai telur dengan berbagai ukuran. Hal ini disebabkan umur ayam semakin tua maka telurnya semakin besar. Namun pada umur yang lebih tua, ayam menghasilkan jumlah produksi yang sedikit, sehingga telur yang besar dapat diperoleh dari ayam yang sudah tua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *