La Sortie de l’usine Lumière à Lyon, Film Pertama yang Tayang di Dunia Berdurasi 46 Detik

La Sortie de l'usine Lumière à Lyon

La Sortie de l’usine Lumière à Lyon adalah video berdurasi 46 detik yang dianggap sebagai film pertama di dunia. Dalam bahasa Prancis artinya “kembali dari pabrik Lumiere Lyon”.

Film ini disutradarai oleh Lumiere bersaudara, Louise dan Auguste Lumiere. Meski hanya berdurasi 46 detik, film ini membuka mata dunia terhadap film tersebut.

Film ini dibuat pada tahun 1895, sebelumnya ada film panjang dua detik berjudul Roundhay Garden Scene oleh Louis Le Prince. Namun, film Luis tidak dianggap sebagai pionir perfilman dunia.

Lumiere bersaudara Seperti namanya, film ini menampilkan para pekerja yang pulang kerja di sebuah pabrik di Lyon, Prancis, milik ayah dari Lumiere bersaudara.

Lumiere bersaudara adalah orang pertama yang menemukan perangkat yang mampu memproyeksikan gambar bergerak. Alat itu namanya film, alat ini dibuat dengan alat bapak fotografernya.

Mereka terinspirasi oleh Kinetoscope Thomas Alva Edison, yang hanya bisa dinikmati oleh satu orang. Ketika Lumiere bersaudara mengembangkan film, mereka mampu menampilkan gambar bergerak untuk banyak orang.

Setelah berhasil mengembangkan film-filmnya, mereka mulai menayangkan film-film tersebut dari kota ke kota. Saat itu belum ada suara dalam film, hanya gambar bergerak sampai tahun 1927. Era ini disebut era film bisu.

Pada tahun 1903 industri perfilman dunia mulai berkembang. Amerika merilis film yang digadang-gadang sebagai film bisu dengan cerita dan plot yang lebih kompleks.

The Great Train Robbery adalah film yang dirilis saat itu. Film ini diangkat dari kisah nyata perampokan kereta emas yang terjadi pada tahun 1896. Kisah film ini ditulis oleh Thomas A. Edison. dan diproduksi oleh Edwin S. Porter.

Meski hanya berdurasi 12 menit dan masih hitam putih, film ini menjadi inspirasi bagi perkembangan film-film masa depan di industri perfilman global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *