4 Fakta Kecoa yang Bisa Menyebabkan Penyakit bagi Manusia

Kecoa

Seringkali dianggap sebagai ancaman tersendiri bagi para penghuni rumah. Hal ini dikarenakan kecoa seringkali tumbuh dan berkembang dari lingkungan yang kotor.

Selain itu kecoa memiliki bau khas yang membuat siapapun tidak nyaman. Terlebih jika kecoa yang dimaksud adalah kecoa terbang.

Bacaan Lainnya

Kecoa terbang cukup meresahkan karena seringkali kecoa ini terbang tanpa arah dan mendatangi ke arah manusia.

Meskipun kecoa relatif mudah diusir dan tidak segarang harimau, namun kamu perlu berhati-hati dengan keberadaan kecoa.

Berikut 5 fakta tentang kecoa yang menyebabkan penyakit:

1. Menyebabkan asma

Kecoa memiliki alergen yang diperoleh dari kotoran.

Dengan ukuran yang sangat kecil, yakni 1-20 mikron, alergen ini sulit dijangkau oleh mata telanjang manusia dan kemudian dapat menginfeksi bagian tubuh seseorang.

Infeksi ini ditandai oleh alergi, seperti bersin-bersin, ruam kulit, dan mata berair. Kecoa ini akan lebih mengkhawatirkan bagi para pengidap asma. Alergen tersebut dapat menyerang asma lebih kritis.

2. Kecoa tidak bisa terbang

Barangkali ketika kamu melihat kecoa terbang kamu akan sangat merasa terancam. Hal ini wajar mengingat kecoa sendiri adalah sumber penyakit.

Akan tetapi kecoa merupakan serangga yang sebetulnya tidak dapat terbang. Jika kamu sempat menyaksikan kecoa terbang, hal tersebut lebih disebut sebagai mode ‘jatuh dengan gaya’.

Secara struktur, kecoa memiliki sayap namun sayap ini tidak begitu berfungsi. Sayap tersebut hanya untuk mengepak dalam jarak pendek dan dalam durasi yang singkat.

3. Dapat berjalan dengan cepat

Jika kamu sangat risih dengan keberadaan kecoa yang berada tepat di hadapanmu, maka jangan heran jika kamu perlu lari lebih cepat agar tidak dihampiri kecoa.

Pasalnya kecoa mampu berjalan/berlari dengan kecepatan 1,5 meter per detik. Hal ini setara dengan 320km/jam pada langkah manusia.

Namun pada dasarnya kemampuan ini digunakan untuk menghindari dari mangsa atau ancaman. Jadi jika kamu kedapatan kecoa, pastikan kamu tidak melakukan gerak-gerik yang mengancam kecoa karena itu hanya membuat kecoa berlari cepat dan mungkin malah menghampirimu.

4. Memicu tifus

Tubuh kecoa mengandung bakteri salmonella thyphi yang dapat memicu tifus bagi siapapun yang terkena oleh bakteri ini. Salmonella typhy bisa menginfeksi usus dan aliran darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *