Fakta Kisah Prof. Dr. H. Abu Rokhmad M.Ag

Abu Rokhmad M.Ag

Prof. Dr. H. Abu Rokhmad M.Ag merupakan pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara menggantikan Prof. Dr. Syahrin Harahap.

Sebelum menjadi Plt Rektor UIN Sumatera Utara, Abu Rokhmad menjabat sebagai Plt Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI periode 2021 – 2022.

Abu Rokhmad lahir di Desa Karanganyar, Welahan, Jepara, Jawa Tengah pada 7 April 1976 silam. Setelah menyelesaikan pendidikan Sarjananya di Fakultas Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya, Abu Rokhmad kemudian melanjutkan S2 ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tak berhenti disitu, Abu Rokhmad mengambil gelar S3 (doktor) di jurusan Ilmu Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP).

Untuk meraih gelar Profesor yang ia sandang saat ini bukanlah hal yang mudah bagi Abu Rokhmad. Ketika masih duduk di bangku sekolah Dasar (SD), Abu Rokhmad sudah ditinggal oleh sang ayah.

Mengingat ia bukan berasal dari keluarga yang berada, Abu Rokhmad terpaksa membantu sang ibu menggembala kerbau.

Berkali-kali Abu Rokhmad nyaris diseruduk kerbau ketika menggembala lantaran tubuhnya yang kerempeng dan kecil.

Selepas asar, sang ibu menggantikan Abu Rokhmad menggembala kerbau, sedangkan ia bersekolah di madrasah di kampung halamannya.

Pada saat menginjak Sekolah Menegah Pertama (SMP), Abu Rokhmad ikut kakak sulungnya merantau ke Rembang, sebuah kabupaten di Jawa Tengah dimana saat itu kakaknya juga hidup dalam keadaan pas-pasan.

Oleh karena itu, ketika duduk di bangku Madrasah Aliyah kelas 2, Abu Rokhmad menjadi marbot masjid dengan tugas utama adzan, menyapu, mengepel lantai dan bersih-bersih kaca.
Pada saat sore hari, setelah pulang dari sekolah, Abu Rokhmad mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di sekitar rumahnya.

Hal ini dilakukan oleh Abu Rokhmad lantaran ia tak ingin seperti anak-anak sebaya di desanya, yang selepas lulus SD, anak laki-laki bekerja sebagai pengrajin, sedangkan yang perempuan menikah pada usia dini (12-13 tahun).

Begitu pula pada saat kuliah di Surabaya, Abu Rokhmad juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya. Awalnya, ia kerja sebagai kuli bangunan dan kemudian menjadi staf administrasi di kantor konsultan konstruksi.

Tekad dan semangat Abu Rokhmad menghantarkan ia pada kesuksesannya saat ini. Pada Februari 2020 lalu, ia dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu sosiologi hukum pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) oleh Rektor UIN Walisongo setelah 3 tahun proses pengurusan.

Saat itu ia menjadi Guru Besar termuda di UIN Walisongo Semarang yang mampu meraih jabatan tertinggi di bidang akademik di usia 43 Tahun.
Pada Oktober 2021 lalu, Abu Rokhmad dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadi Staf Ahli Menag Bidang Hukum dan HAM.

Setahun menjabat sebagai Staf Ahli Menag Bidang Hukum dan HAM, kini Abu Rokhmad diamanahkan menjadi pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara menggantikan Syahrin Harahap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *