Dampak Krisis Penembakan Balon, Manuver AS di dekat China

Manuver AS di dekat China

Elemen Angkatan Laut AS dan Korps Marinir “Marinir” sedang melakukan latihan bersama di Laut Cina Selatan. Sehubungan dengan meningkatnya ketegangan dengan Beijing atas penembakan balon Cina.

Armada Ketujuh AS, yang ditempatkan di Jepang, mengatakan pada hari Minggu bahwa kelompok tempur kapal induk (USS Nimitz). Dan Unit Ekspedisi Marinir ke-13 sedang melakukan “operasi eksplorasi terpadu” di Laut China Selatan.

Dia menambahkan bahwa latihan, di mana kapal, pasukan darat dan pesawat berpartisipasi, berlangsung pada hari Sabtu. Tanpa memberikan rincian tentang kapan dimulai atau berakhir.

Washington merencanakan latihan militer sebelumnya, dan itu terjadi karena hubungan yang sudah tegang dengan Beijing telah memburuk karena pertikaian diplomatik yang dipicu oleh jatuhnya balon China pekan lalu di wilayah udara AS di lepas pantai Carolina Selatan.

Amerika Serikat mengatakan bahwa balon tak berawak itu dilengkapi untuk mendeteksi dan mengumpulkan intelijen, tetapi Beijing menegaskan bahwa itu adalah balon yang didedikasikan untuk penelitian cuaca dan menyimpang dari jalurnya karena kesalahan.

Insiden itu mendorong Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken untuk tiba-tiba membatalkan kunjungan ke Beijing akhir pekan lalu.

Krisis Laut China Selatan

China menegaskan klaimnya atas seluruh Laut China Selatan, dan dengan tegas menentang aktivitas militer oleh negara lain di jalur air yang disengketakan. Barang dagangan senilai $5 triliun melewati Laut Cina Selatan setiap tahun.

Amerika Serikat tidak mengambil sikap resmi mengenai kedaulatan di Laut Cina Selatan, tetapi menyatakan bahwa kebebasan navigasi dan penerbangan di wilayah tersebut harus dihormati.
Kapal-kapal berlayar melewati pos terdepan Tiongkok di Kepulauan Spratly beberapa kali dalam setahun, memicu protes kemarahan dari Beijing. Yang juga membuat marah Beijing adalah penguatan aliansi pertahanan AS dengan Filipina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *