Berkicau Merdu dan Bersarang Unik, Kenali Fakta Menarik tentang Burung Manyar

Burung Manyar, atau sering juga disebut sebagai burung kutilang, merupakan burung pengicau yang tergolong dalam famili Ploceidae. Burung Manyar memiliki ciri khas pada bulu jantan dewasanya yang berwarna merah marun kecoklatan dan memiliki garis-garis hitam dan putih pada kepala serta sayapnya. Sedangkan burung Manyar betina memiliki bulu berwarna coklat zaitun dengan garis-garis putih pada kepala dan sayapnya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang burung Manyar:

  1. Burung Manyar merupakan burung pengicau yang populer di Indonesia, terutama di Jawa, Sumatera, dan Bali. Suaranya yang merdu dan bervariasi membuat burung Manyar menjadi burung yang sering dipelihara sebagai burung kicauan.
  2. Burung Manyar memiliki habitat yang luas, mulai dari hutan, savana, persawahan, dan bahkan di pemukiman penduduk. Biasanya burung Manyar hidup berkelompok dan membentuk koloni dalam jumlah yang besar.
  3. Burung Manyar merupakan burung yang aktif mencari makan pada siang hari. Makanan utama burung Manyar adalah biji-bijian, seperti biji padi, jagung, dan sorgum. Selain itu, burung Manyar juga memakan serangga, seperti ulat daun, jangkrik, dan belalang.
  4. Burung Manyar memiliki kebiasaan yang unik dalam membuat sarangnya. Burung Manyar betina membuat sarang dengan cara menempelkan rumput dan dedaunan pada dahan atau cabang pohon yang paling ujung. Sarang Manyar juga memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti bola yang berdiameter sekitar 15-20 cm dengan lubang masuk di bagian bawah.
  5. Burung Manyar jantan memiliki kebiasaan yang menarik dalam menarik perhatian betina. Jantan Manyar akan menampilkan kemampuan berbicara yang ia pelajari dari lingkungannya, seperti meniru suara burung lain, suara alat musik, hingga suara manusia.
  6. Burung Manyar juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebagai burung kicauan. Namun, hal ini juga menyebabkan banyaknya burung Manyar yang ditangkap dari alam liar dan diperdagangkan secara ilegal. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian burung Manyar dengan tidak membeli burung yang ditangkap dari alam liar dan memelihara burung Manyar dengan cara yang baik dan benar.

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung Manyar. Selain memiliki suara yang merdu, burung Manyar juga memiliki kebiasaan yang unik dalam mencari makan, membuat sarang, dan menarik perhatian betina. Kita perlu menjaga kelestarian burung Manyar agar tidak punah dan tetap bisa dinikmati keindahannya di masa yang akan datang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *