Dua Seksi Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Akan Beroperasi Tahun 2023

Jalan Tol

PT Hutama Marga Waskita, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, tengah mempersiapkan untuk mengoperasikan dua seksi tol pada tahun 2023.

Dalam keterangan resmi yang dirilis pada Selasa (18/07/2023), dua seksi yang dimaksud adalah Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura dan sebagian Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung. Dengan demikian, pada akhir tahun mendatang, dua seksi tersebut akan berfungsi sebagai Gate Toll Tebing Tinggi-Gate Toll Indrapura.

Progres konstruksi Seksi 1 telah mencapai 100% dan kini menunggu Uji Laik Fungsi (ULF) yang dijadwalkan akan segera dilakukan agar bisa segera beroperasi. Sementara itu, progres konstruksi Seksi 2 sudah mencapai 91,04%.

Selain itu, pembangunan lainnya juga sedang berlangsung, seperti Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan yang telah mencapai 83,21%, Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar mencapai 66,33%, dan Seksi Junction mencapai 88,52%.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, menegaskan bahwa perusahaan akan mengoptimalkan pekerjaan pada Seksi 3 dan 4 agar wilayah Sumatera Utara segera terhubung dengan tanah Toba. Dengan adanya tol ini, waktu tempuh ke Danau Toba dari Tebing Tinggi hingga Pematang Siantar diharapkan hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan mempermudah akses dari Medan ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba di Sumatera Utara.

Gerbang tol pada Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, yang terletak di Sinaksak dan dekat dengan gapura batas masuk Kota Pematang Siantar, akan memangkas waktu tempuh menuju KSPN Danau Toba dari yang awalnya 3,5 jam menjadi hanya 1,5 jam. Selain meningkatkan aksesibilitas ke KSPN Danau Toba, Jalan Tol ini juga diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi di sekitar wilayah Danau Toba.

Terintegrasi dengan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), proyek ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat dan mendukung pemerataan pasokan logistik ke seluruh wilayah Sumatera Utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *