Furong Ancient Town: Jejak Sejarah yang Hidup di Tengah Pesona China yang Memikat

Di jantung Provinsi Hunan, China, terdapat sebuah kota kuno yang membawa pengunjungnya pada perjalanan melintasi waktu. Furong Ancient Town, atau yang sering disebut sebagai Negeri Dongeng Furong, merupakan destinasi wisata yang menakjubkan dengan keindahan alam, arsitektur klasik, dan sejarah yang dalam.

Memasuki Dunia Dongeng Furong

Furong Ancient Town terletak di Kabupaten Yongshun, Provinsi Hunan, sekitar 180 kilometer dari Kota Zhangjiajie yang terkenal dengan pegunungan karstnya yang menakjubkan. Nama Furong sendiri diambil dari sejenis bunga lotus yang mekar di sekitar kota ini, menambah pesona estetika alaminya.

Melintasi gerbang kuno yang megah, pengunjung akan segera disambut oleh suasana kota kuno yang masih terjaga autentisitasnya. Jalan-jalan bata yang teratur, bangunan-bangunan tradisional dengan atap bergaya Ming dan Qing, serta sungai kecil yang membelah kota, semuanya menciptakan nuansa yang membuat siapa pun merasa seolah-olah telah kembali ke zaman dahulu.

Pesona Arsitektur Klasik

Dibangun pada zaman Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1912), Furong Ancient Town memamerkan arsitektur klasik Tiongkok yang memukau. Rumah-rumah kayu dengan tiang-tiang besar, jendela-jendela berbingkai kayu, dan atap bertingkat menjadi bukti kekayaan sejarah dan kebudayaan kota ini.

Pusat kota, atau yang dikenal sebagai Walled City, memiliki jalan-jalan kecil yang menyusuri tepi sungai. Bangunan-bangunan bersejarah seperti Pavilion Tuojiang dan Pavilion Longwang menarik perhatian dengan ornamen-ornamen khas zaman dulu. Pengunjung juga dapat menemukan kuil-kuil tua yang masih berdiri kokoh, seperti Kuil Tianwang dan Kuil Chenghuang, yang menjadi saksi bisu perjalanan waktu.

Kehidupan Tradisional yang Terus Berkembang

Meskipun menyimpan warisan sejarah yang kaya, Furong Ancient Town juga merupakan tempat di mana kehidupan tradisional Tiongkok terus berkembang. Pedagang-pedagang kecil menjajakan barang-barang kerajinan tangan dan cinderamata di kedai-kedai tradisional mereka, menawarkan pengalaman berbelanja yang autentik bagi pengunjung.

Salah satu atraksi utama adalah Jembatan Penglipur Lara, sebuah jembatan unik yang menyilang di atas sungai. Konon, jembatan ini memiliki kekuatan magis untuk menyembuhkan penyakit dan mengusir roh jahat. Pengunjung dapat menyaksikan adegan kehidupan sehari-hari, seperti wanita-wanita tua yang menganyam keranjang di teras rumah mereka atau anak-anak yang bermain tradisional di halaman.

Pesona Alam yang Mengagumkan

Tak hanya arsitektur dan kehidupan tradisional, Furong Ancient Town juga dikelilingi oleh pesona alam yang mengagumkan. Pegunungan yang menghijau, sungai kecil yang membelah kota, dan jembatan-jembatan yang mempesona menciptakan latar belakang yang menakjubkan di setiap sudut kota.

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Taman Furong, yang terletak di lereng bukit. Dari taman ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota dari ketinggian, melihat atap-atap merah dan jalan-jalan bata yang saling berkelok. Keindahan sunset di sini menjadi momen yang sangat dinantikan oleh wisatawan.

Menikmati Kuliner Lokal yang Autentik

Perjalanan ke Furong Ancient Town tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner lokal yang autentik. Warung-warung kecil yang berjejer di sepanjang jalan menyajikan hidangan khas Tiongkok yang memanjakan lidah.

Salah satu hidangan favorit adalah Mi Fen, mie tipis khas Hunan yang dihidangkan dengan berbagai bumbu dan potongan daging segar. Pengunjung juga dapat menikmati makanan jalanan seperti Jianbing, pancake gandum yang diisi dengan telur dan sayuran, atau Guotie, pangsit goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Memahami Sejarah dalam Setiap Jalan

Furong Ancient Town bukan hanya destinasi wisata biasa. Setiap jalan dan setiap bangunan di kota ini menyimpan cerita sejarah yang dalam. Pemandu lokal yang ahli dapat membimbing pengunjung melalui lorong-lorong kecil dan mengungkapkan rahasia tersembunyi di balik dinding-dinding kuno.

Mengunjungi Furong Ancient Town tidak hanya memberikan pengalaman visual yang luar biasa tetapi juga mendalamkan pemahaman tentang sejarah dan budaya Tiongkok. Setiap langkah di kota ini adalah langkah kembali ke masa lalu yang mempesona.

Perjalanan Praktis ke Negeri Dongen Furong

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi pesona Furong Ancient Town, rute perjalanan yang disarankan adalah dengan mengambil penerbangan ke Bandara Internasional Changsha Huanghua. Dari sana, perjalanan darat menuju Furong memakan waktu sekitar 4-5 jam.

Pengunjung dapat memilih untuk menginap di hotel-hotel tradisional di dalam kota atau memilih akomodasi modern di sekitar kota. Tiket masuk Furong Ancient Town sekitar ¥80 (CNY) per orang.

Dengan semua keindahan alam, kehidupan tradisional, dan sejarah yang terkandung di setiap bangunan, Furong Ancient Town menawarkan perjalanan yang tak terlupakan ke dalam kekayaan budaya Tiongkok yang terjaga dengan baik. Ini adalah destinasi yang tidak hanya memberikan liburan yang menyenangkan tetapi juga pelajaran hidup yang berharga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *