Lady of the Night: 10 Fakta Unik Tentang Anggrek Hitam Langka Asal Indonesia

Fakta Unik Anggrek Hitam

Pernahkah Anda mendengar tentang anggrek hitam? Ya, sebuah tanaman anggrek langka berwarna hitam pekat yang konon hanya tumbuh di hutan tropis Indonesia. Dengan keharuman pemikat hati yang hanya muncul di malam hari, serta ketahanan bunga yang mencapai 2-3 bulan, anggrek hitam layak disebut sebagai ratu di antara banyak spesies anggrek yang ada. Selain cantik dan memukau, anggrek hitam, atau nama latinnya Coelogyne Pandurata ini ternyata menyimpan banyak fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Mulai dari habitat aslinya, syarat tumbuh yang unik, potensinya sebagai tanaman obat, hingga statusnya yang kini terancam punah.

Anggrek hitam merupakan salah satu jenis anggrek langka yang cukup unik dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang tanaman anggrek hitam langka nan eksotis ini:

  1. Merupakan anggrek asli Indonesia

Asal muasal tanaman anggrek hitam adalah dari hutan hujan tropis di Indonesia. Meski selama ini identik dengan daerah Kalimantan, ternyata anggrek hitam juga ditemukan hidup liar di banyak pulau lain seperti Jawa, Sumatra, dan Papua. Jenis tanaman anggrek ini diklasifikasikan sebagai Coelogyne Pandurata dalam ilmu botani.

  1. Bunganya dapat bertahan hingga 3 bulan

Keistimewaan dari anggrek hitam adalah daya tahan bunganya yang cukup lama, yaitu hingga 2-3 bulan. Selama ini belum ada jenis anggrek hitam lainnya yang mampu menyaingi daya persistensi bunga anggrek hitam asli Indonesia ini.

  1. Harumnya hanya tercium di malam hari

Para pecinta anggrek hitam sering menyebut bunga ini sebagai “lady of the night” karena wanginya hanya akan tercium di malam hari. Wangi khas anggrek hitam yang feminin ini bahkan mampu memenuhi seluruh ruangan karena aromanya yang kuat dan pekat. Hal inilah yang membuatnya sangat diminati.

  1. Membutuhkan syarat tumbuh yang cukup unik

Budidaya anggrek hitam membutuhkan syarat tumbuh yang agak unik yakni naungan 70% dan suhu yang sejuk. Sifatnya yang cukup “temperamental” juga menyebabkan hanya penangkar profesional saja yang berhasil membudidayakannya.

  1. Sulit berbunga di luar habitat aslinya

Anggrek hitam termasuk sulit berbunga apabila ditanam di luar habitat aslinya. Faktor geografis sangat memengaruhi pertumbuhan dan pembungaan anggrek hitam. Itulah yang membuat harganya tergolong fantastis bagi kolektor tanaman hias luar negeri.

  1. Berpotensi sebagai obat tradisional

Menariknya, anggrek hitam diketahui mengandung beberapa senyawa kimia dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti flavonoid, antioksidan, serta kalsium. Hingga kini masih banyak masyarakat di pedalaman yang menggunakan anggrek hitam sebagai jamu tradisional.

  1. Memiliki nama yang cukup unik

Dalam bahasa Inggris, anggrek hitam dikenal dengan nama Black Orchid atau Holy Orchid. Sedangkan dalam bahasa Latin, tanaman eksotis ini disebut Coelogyne Pandurata Lindley. Uniknya, dari namanya saja sudah tercermin sosoknya yang memiliki aura misterius dan elegan.

  1. Memiliki nilai ekonomis yang tinggi

Sebagaimana layaknya tanaman langka, anggrek hitam dijual dengan harga yang sangat tinggi dalam berbagai bentuk mulai dari potongan tangkai hingga tanaman utuh siap cor. Harga jualnya bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap potnya.

  1. Dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik

Tahukah Anda jika beberapa produk kosmetik ternama di dunia seperti Estee Lauder bahkan Chanel menggunakan ekstrak anggrek hitam Indonesia sebagai salah satu bahan dasar produknya? Inilah salah satu alasan mengapa permintaan pasar global terhadap anggrek hitam terus meningkat setiap tahunnya.

  1. Populasinya semakin langka di alam

Akibat penebangan hutan secara besar-besaran demi pembukaan lahan perkebunan sawit, populasi anggrek hitam nyaris punah di habitat asli Kalimantan dan Sumatra. Saat ini statusnya sudah terancam punah alias endangered species baik secara nasional maupun global. Oleh sebab itu, upaya konservasi menjadi sangat penting untuk menyelamatkan anggrek hitam langka asli Indonesia ini.

Nah, itulah 10 fakta unik dan menarik mengenai tanaman anggrek hitam yang eksotis nan langka. Kehadiran anggrek hitam seakan menjadi representasi keanekaragaman hayati hutan hujan tropis di nusantara yang harus terus dilindungi agar tidak punah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *