Percaya Nggak? 5 Hal Tak Terduga Bikin Gula Darah Naik Pesat dan Cara Mengontrol

menyebabkan gula darah naik

FAKTA – Kadar gula darah yang normal adalah 70 hingga 100 mg/dL. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes. Diabetes adalah kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan gula darah naik, termasuk kebiasaan makan. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang penyebab gula darah naik:

1. Makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang dapat dipecah menjadi gula sederhana, yang kemudian diserap ke dalam aliran darah. Makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, roti, pasta, dan makanan manis, dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat.

Bacaan Lainnya

2. Makanan tinggi lemak

Lemak dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga dapat menyebabkan gula darah naik secara bertahap. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, lemak dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

3. Minuman manis

Minuman manis, seperti soda, jus, dan minuman berenergi, mengandung banyak gula. Gula dalam minuman manis dapat diserap ke dalam aliran darah dengan cepat, sehingga menyebabkan gula darah naik dengan cepat.

4. Makanan olahan

Makanan olahan, seperti makanan cepat saji, makanan kemasan, dan makanan siap saji, sering kali tinggi karbohidrat, lemak, dan gula. Konsumsi makanan olahan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.

5. Melewatkan makan

Melewatkan makan dapat menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah. Ketika kadar gula darah turun terlalu rendah, tubuh akan melepaskan hormon glukagon untuk menaikkan kadar gula darah. Glukagon dapat menyebabkan produksi gula dari hati, yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

Selain kebiasaan makan, faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko diabetes meliputi:

  • Usia

Risiko diabetes meningkat seiring bertambahnya usia.

  • Berat badan

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes.

  • Riwayat keluarga

Orang dengan riwayat keluarga diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes.

  • Ras dan etnis

Orang dari ras dan etnis tertentu, seperti Afrika-Amerika, Hispanik, dan Amerika Asli, memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes.

  • Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga dan kurang tidur, dapat meningkatkan risiko diabetes.

Cara Mengontrol Gula Darah

Pola makan yang sehat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes. Pola makan sehat untuk penderita diabetes meliputi:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat

Serat dapat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

  • Mengonsumsi protein tanpa lemak

Protein dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Mengonsumsi lemak sehat

Lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan. Buah-buahan dan sayuran juga rendah karbohidrat dan kalori.

  • Mengonsumsi biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat daripada biji-bijian olahan.

  • Minum air putih

Air putih adalah minuman terbaik untuk penderita diabetes.

Selain pola makan yang sehat, penderita diabetes juga perlu melakukan olahraga secara teratur dan menjaga berat badan. Olahraga dan berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes.

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan gula darah naik, termasuk kebiasaan makan. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, penderita diabetes dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko komplikasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *