Telur Rebus ala Nenek: Ternyata Bukan Mitos, Ini Alasan Ilmiah Mengapa Air Mendidih Dilarang

Telur Rebus

FAKTA – Telur rebus adalah salah satu hidangan yang paling populer di dunia. Telur rebus dapat dinikmati sebagai lauk pauk, camilan, atau bahan campuran berbagai masakan. Namun, tahukah Anda bahwa cara merebus telur yang benar ternyata tidak sesederhana yang dikira?

Nenek-nenek kita di kampung biasanya selalu melarang kita untuk merebus telur dengan air mendidih. Hal ini ternyata bukan sekadar mitos, melainkan ada alasan ilmiahnya.

Mengapa tidak boleh merebus telur dengan air mendidih?

Ketika telur dimasukkan ke dalam air mendidih, suhu yang ekstrem akan membuat udara di dalam telur mengembang dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan kulit telur retak atau bahkan pecah. Selain itu, telur yang direbus dengan air mendidih juga cenderung lebih sulit dikupas.

Berikut adalah penjelasan ilmiahnya:

  • Udara di dalam telur

Telur terdiri dari dua bagian utama, yaitu putih telur dan kuning telur. Di antara kedua bagian tersebut, terdapat selaput tipis yang berisi udara. Udara ini berfungsi untuk membantu telur mengambang di dalam air.

Ketika telur dimasukkan ke dalam air mendidih, suhu yang ekstrem akan membuat udara di dalam telur mengembang dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan selaput tipis tersebut pecah. Jika selaput tersebut pecah, udara akan keluar dari telur dan membuat kulit telur retak atau bahkan pecah.

  • Protein dalam putih telur

Putih telur mengandung protein yang akan menggumpal saat dipanaskan. Ketika telur dimasukkan ke dalam air mendidih, protein dalam putih telur akan menggumpal dengan cepat. Hal ini dapat membuat putih telur menjadi keras dan sulit dikupas.

Bagaimana cara merebus telur yang benar?

Cara yang lebih baik untuk merebus telur adalah dengan memasukkannya ke dalam air dingin. Dengan cara ini, suhu telur akan meningkat secara perlahan, sehingga kulit telur tidak akan retak. Waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur juga akan lebih konsisten.

Berikut adalah langkah-langkah merebus telur dengan cara yang benar

  1. Isi panci dengan air secukupnya, kemudian masukkan telur. Pastikan telur terendam seluruhnya.
  2. Nyalakan api dan didihkan airnya.
  3. Setelah air mendidih, kecilkan api dan biarkan telur direbus selama beberapa menit sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan.
  4. Angkat telur dari air dan tiriskan.

Berikut adalah waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur sesuai dengan tingkat kematangannya

  • Telur setengah matang: 4-5 menit
  • Telur matang: 7-8 menit
  • Telur matang sempurna: 10-12 menit

Tips untuk merebus telur yang mudah dikupas

  • Gunakan telur yang sudah tua

Telur yang sudah tua cenderung lebih mudah dikupas daripada telur yang masih segar. Telur yang sudah tua memiliki selaput tipis yang lebih tipis dan lebih mudah pecah.

  • Beri garam pada air rebusan

Menambahkan garam pada air rebusan dapat membantu menguatkan selaput tipis di sekitar telur. Hal ini dapat membuat telur lebih sulit retak dan lebih mudah dikupas.

  • Masukkan telur ke dalam air dingin setelah direbus

Menyiram telur dengan air dingin setelah direbus dapat membantu mendinginkan telur secara perlahan. Hal ini dapat membuat putih telur lebih mudah terlepas dari kulit telur.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda akan mendapatkan telur rebus yang matang sempurna dan mudah dikupas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *