Ungkap Fakta, Rahasia Menariknya Nyamuk pada Warna Hitam

Rahasia Menariknya Nyamuk pada Warna Hitam

FAKTA – Nyamuk adalah salah satu serangga pengganggu yang paling umum di dunia. Gigitan nyamuk dapat menyebabkan gatal, iritasi, dan bahkan penyakit serius seperti demam berdarah, malaria, dan Zika. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh orang-orang adalah bahwa rahasia menariknya nyamuk pada warna hitam. Hal ini tentu saja membuat orang yang mengenakan pakaian berwarna hitam lebih berisiko digigit nyamuk.

Lantas, mengapa nyamuk suka hinggap ke warna hitam? Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebabnya, yaitu:

1. Panas

Nyamuk memiliki sensor panas yang sangat sensitif. Warna hitam dan gelap secara umum lebih mudah menyerap panas dibandingkan warna terang. Jadi, nyamuk mungkin menggunakan warna sebagai petunjuk awal untuk menemukan inang berdarah panas seperti manusia, meskipun mereka tidak “melihat” warna hitam secara khusus.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, Riverside. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa nyamuk betina lebih tertarik pada objek yang berwarna gelap dan memiliki suhu yang lebih tinggi.

2. Kontras

Ada teori lain yang menyebutkan nyamuk lebih tertarik pada kontras warna yang tinggi. Pakaian berwarna hitam mungkin lebih mencolok di lingkungan tertentu, terutama saat senja atau malam hari, sehingga lebih mudah dikenali nyamuk dibandingkan warna yang berbaur dengan lingkungan.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Oxford. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa nyamuk betina lebih tertarik pada objek yang memiliki kontras warna yang tinggi.

3. Atraksi visual

Meskipun belum sepenuhnya dipahami, beberapa penelitian menunjukkan nyamuk mungkin memiliki ketertarikan visual terhadap warna gelap. Eksperimen dengan pola hitam dan putih menunjukkan nyamuk lebih tertarik pada pola dengan kontras tinggi.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, Berkeley. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa nyamuk betina lebih tertarik pada objek yang berwarna hitam dan memiliki pola yang kompleks.

Penelitian terbaru

Pada tahun 2023, para ilmuwan dari University of California, San Diego, melakukan penelitian untuk lebih memahami ketertarikan nyamuk pada warna hitam. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa nyamuk betina lebih tertarik pada warna hitam karena warna tersebut memiliki panjang gelombang yang lebih panjang.

Panjang gelombang yang lebih panjang dapat menembus kulit lebih dalam, sehingga nyamuk dapat mendeteksi karbon dioksida dan zat-zat kimia lain yang dikeluarkan oleh inang.

Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang mengapa nyamuk suka hinggap ke warna hitam. Pengetahuan ini bisa digunakan untuk mengembangkan metode baru untuk mencegah gigitan nyamuk.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *